keraton yogyakarta

Keraton Jogja

Keraton Jogja berada persis di tengah-tengah kota Yogyakarta. Berlokasi di Jalan Rotowijayan 1 Kecamatan Keraton. Bangunan Keraton ini memiliki asitektur khas Jawa, terdiri dari paviliun-paviliun dan balaiurung mewah. Wilayah Keraton ini dikelilingi oleh sebuah tembok tinggi yang disebut beteng. Keraton memiliki dua buah halaman yang luas yang disebut alun-alun: Alun-alun Utara di bagian depan dan Alun-alun Selatan di bagian belakang. Keraton merupakan tempat tinggal resmi Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono sampai saat ini.

Keraton Jogja sebagai Destinasi Wisata

Keraton Jogja saat ini juga difungsikan sebagai salah satu destinasi wisata di Jogja. Di dalam komplek Keraton terdapat beberapa museum untuk menyimpan benda-benda bersejarah milik Kesultanan. Gamelan, Benda Pusaka Keraton, koleksi lukisan, koleksi pakaian  milik raja dan abdi dalem. Museum juga berisi berbagai benda pemberian dari raja-raja Eropa. Di dalam Keraton juga terdapat Museum Batik berisi koleksi batik yang sudah berusia ratusan tahun. Juga terdapata perlengkapan untuk membuat batik dan bahan-bahannya.

Keraton memiliki dua buah loket pengunjung, yaitu satu di bagian depan dan satu lagi di bagian tengah. Loket di bagian depan atau di pintu keprajuritan membawa kita menuju Bangsal Pagelaran. Bangsal tersebut berisi perlengkapan prajurit Keraton, dokumentasi dalam bentuk gambar, foto, patung, dan beberapa kereta kuda. Sedangkan pintu tengah berada di dekat Kecamatan Keraton, dari pintu utara m ke arah selatan sekitar 100 meter, kemudian belok kiri. Adapun harga tiket untuk wisatawan lokal : Rp. 5000 dan untuk wisatawan asing hanya Rp. 15.000. Jam buka wisata Keraton antara jam 9.00 sampai dengan 14.00 dari Hari Senin sampai Minggu.

Kegiatan yang bisa dilakukan dalam wisata keraton ini antara lain: menyaksikan upacara adat jawa, menyaksikan pertunjukan seni di Bangsal Sri Manganti dan menyaksikan Jemparingan atau seni memanah. Jemparingan saat ini dijadikan satu ajang perlombaan yang bisa diikuti oleh umum. Satu hal yang unik dari lomba ini adalah pemanah harus memakai pakaian adat Jawa lengkap dan posisi memanah adalah bersila, tidak berdiri.

Biaya Tour

Biaya Tour untuk 4 pax = 400.000/pax

Itinerary

  1. Titik Penjemputan: Hotel/Bandara/Stasiun
  2. Keraton Yogyakarta
  3. Makan Siang
  4. Tamansari
  5. Pusat Kerajinan Batik
  6. Drop: Hotel/Bandara/Stasiun

Fasilitas Tour

Sudah termasuk: transportasi, driver sebagai tour leader, parkir, tiket masuk wisata sesuai program, air mineral, makan siang.

Belum termasuk: tiket menuju Jogjakarta, pengeluaran pribadi, tips, tour di luar program, dan biaya tambahan untuk periode high season.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Translate ยป
WhatsApp Booking Mobil via WhatsApp